Latar Belakang
Pendidikan bagi anak usia dini adalah suatu pendidikan yang sengaja dilakukan bagi anak yang berada di usia 0 – 8 tahun. Pendidikan ini dapat dilakukan dalam jalur pendidikan sekolah maupun pendidikan luar sekolah, dan bentuk pendidikan pun dapat dilakukan di Taman Kanak-kanak, Play Group, Tempat Penitipan Anak, atau di TKA/TPA dan RA. Artinya, bentuk pendidikan seperti
apapun yang diikuti anak usia dini pada intinya adalah sama, untuk membantu meningkatkan derajat dan kualitas anak didiknya, dan membantu proses perkembangan anak seoptimal mungkin.
Anak usia dini adalah anak yang sedang dalam proses tumbuh kembang. Pada
usia ini segala aspek perkembangan anak mengalami kemajuan yang sangat
pesat. Aspek perkembangan yang ada pada anak usia dini meliputi aspek
intelektual, fisikmotorik, sosio-emosional, bahasa, moral dan keagamaan.
Semua aspek perkembangan yang ada pada diri anak ini selayaknya menjadi
perhatian para pendidik agar aspek perkembangan ini dapat berkembang
secara optimal. Tidak berkembangnya aspek perkembangan anak ini akan
berakibat di masa yang akan datang, tidak saja
anak mengalami hambatan dalam perkembangan pada masa perkembangan di
usia berikutnya, tetapi anak juga akan mengalami kesulitan dalam
menghadapi kehidupan di masa yang akan datang.
Membantu proses pengembangan berbagai aspek perkembangan anak perlu diawali dengan pemahaman tentang Psikologi Perkembangan Anak, karena perkembangan anak berbeda dengan perkembangan anak remaja atau orang dewasa. Anak memiliki karakteristik tersendiri dan anak memiliki dunianya sendiri. Untuk mendidik anak usia dini, kita perlu dibekali pemahaman tentang dunia anak dan bagaimana proses perkembangan anak. Dengan pemahaman ini diharapkan para pendidik anak usia dini memiliki pemahaman yang lebih baik dalam menentukan proses pembelajaran ataupun perlakuan pada anak yang dibinanya.
Psikologi dan Psikologi Perkembangan Manusia merupakan subyek dalam kehidupan, sebab sebagai makhluk ciptaan Tuhan dialah yang selalu melihat, bertanya, berpikir dan mempelajari segala sesuatu yang ada dalam kehidupannya. Manusia bukan hanya tertarik dan ingin mempelajari apa yang ada pada lingkungannya atau sesuatu di luar dirinya tetapi juga hal-hal yang ada dalam dirinya. Dengan kata lain, manusia ingin mengetahui keadaan dirinya sendiri. Ilmu pengetahuan yang berobyekan manusia, dan mempelajari berbagai perilaku manusia sebagai individu adalah Psikologi. Pada dasarnya psikologi terbagi atas dua bagian, yaitu psikologi umum dan psikologi khusus. Psikologi umum adalah ilmu yang mempelajari konsep umum tentang perilaku individu, apa, mengapa dan bagaimana individu berperilaku.
Membantu proses pengembangan berbagai aspek perkembangan anak perlu diawali dengan pemahaman tentang Psikologi Perkembangan Anak, karena perkembangan anak berbeda dengan perkembangan anak remaja atau orang dewasa. Anak memiliki karakteristik tersendiri dan anak memiliki dunianya sendiri. Untuk mendidik anak usia dini, kita perlu dibekali pemahaman tentang dunia anak dan bagaimana proses perkembangan anak. Dengan pemahaman ini diharapkan para pendidik anak usia dini memiliki pemahaman yang lebih baik dalam menentukan proses pembelajaran ataupun perlakuan pada anak yang dibinanya.
Psikologi dan Psikologi Perkembangan Manusia merupakan subyek dalam kehidupan, sebab sebagai makhluk ciptaan Tuhan dialah yang selalu melihat, bertanya, berpikir dan mempelajari segala sesuatu yang ada dalam kehidupannya. Manusia bukan hanya tertarik dan ingin mempelajari apa yang ada pada lingkungannya atau sesuatu di luar dirinya tetapi juga hal-hal yang ada dalam dirinya. Dengan kata lain, manusia ingin mengetahui keadaan dirinya sendiri. Ilmu pengetahuan yang berobyekan manusia, dan mempelajari berbagai perilaku manusia sebagai individu adalah Psikologi. Pada dasarnya psikologi terbagi atas dua bagian, yaitu psikologi umum dan psikologi khusus. Psikologi umum adalah ilmu yang mempelajari konsep umum tentang perilaku individu, apa, mengapa dan bagaimana individu berperilaku.
Sedangkan psikologi khusus adalah kelompok psikologi yang mempelajari
perilaku individu secara khusus, baik kekhususan karena tahap
perkembangannya, posisinya, aspek yang mendapatkan sorotan utamana atau
karena kondisinya. Yang termasuk dalam kelompok psikologi khusus adalah
psikologi perkembangan yang terbagi atas psikologi anak, remaja, dewasa
dan usia lanjut, psikologi pria dan wanita, psikologi abnormal,
psikologi kepribadian, psikologi diferensial dan psikologi binatang.
Psikologi Perkembangan merupakan salah satu cabang dari psikologi khusus
yang mempelajari perilaku dan perubahan perilaku individu dalam
berbagai tahap perkembangan, mulai dari masa sebelum lahir (prenatal),
masa bayi, masa kanakkanak, masa anak kecil, masa anak sekolah dasar,
masa remaja awal, masa remaja tengah dan adolesen, masa dewasa muda,
dewasa dan dewasa tua, serta masa usia lanjut. Tiap tahap masa
perkembangan tersebut menjadi obyek studi dari psikologi sebab setiap
masa memiliki ciri-ciri atau karakteristik perkembangan yang berbeda.
Dalam makalah ini hanya akan mengungkapkan tentang psikologi perkembangan anak yang merupakan salah satu bagian dari psikologi perkembangan.
Pertumbuhan dan Perkembangan
Istilah pertumbuhan dan perkembangan seringkali dipergunakan seolah-olah keduanya mempunyai pengertian yang sama, karena menunjukan adanya suatu proses perubahan tertentu yang mengarah kepada kemajuan. Padahal sesungguhnya istilah pertumbuhan dan perkembangan ini mempunyai pengertian
yang berbeda. Pertumbuhan dapat diartikan sebagai perubahan yang
bersifat kuantitatif, sebagai akibat dari adanya pengaruh luar atau
lingkungan. Pertumbuhan mengandung arti adanya perubahan dalam ukuran
dan struktur tubuh sehingga lebih banyak menyangkut perubahan fisik.
Pertumbuhan dapat didefinisikan pula sebagai perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada diri individu yang sehat
dalam fase-fase tertentu. Hasil dari pertumbuhan ini berupa bertambah
panjangnya tulang-tulang terutama lengan dan tungkai, bertambah tinggi
dan berat badannya serta makin bertambah sempurnanya susunan tulang dan
jaringan syaraf. Pertumbuhan ini akan terhenti setelah adanya maturasi
atau kematangan pada diri individu.
Berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan adalah suatu perubahan
fungsional yang bersifat kualitatif, baik dari fungsi-fungsi fisik
maupun mental sebagai hasil keterkaitannya dengan pengaruh lingkungan.
Perkembangan dapat juga dikatakan sebagai suatu urutan-urutan perubahan yang bertahap dalam suatu pola
yang teratur dan saling berhubungan. Perubahanperubahan yang terjadi
dalam perkembangan ini bersifat tetap, menuju ke suatu arah, yaitu ke
suatu tingkat yang lebih tinggi. Contohnya : anak diperkenalkan
bagaimana cara memegang pensil,
membuat huruf-huruf dan diberi latihan oleh orang tuanya. Kemampuan
belajar menulis akan mudah dan cepat dikuasai anak apabila proses
latihan diberikan pada saat otot-ototnya telah tumbuh dengan sempurna,
dan saat untuk memahami bentuk huruf telah diperolehnya. Dengan demikian
anak akan mampu memegang pensil dan membaca bentuk huruf. Melalui
belajar anak akan berkembang, dan akan mampu mempelajari hal-hal yang
baru. Perkembangan akan dicapai karena adanya proses belajar, sehingga anak memperoleh pengalaman baru dan menimbulkan perilaku baru.
Dari uraian pengertian perkembangan di atas perlu disadari bahwa
pertumbuhan fisik mempengaruhi perkembangan psikis individu, karena pada
suatu saat tertentu kedua istilah ini dapat digunakan secara bersamaan.
Dengan kata lain perkembangan merupakan hasil dari pertumbuhan,
pematangan fungsi-fungsi fisik, pematangan fungsi-fungsi psikis dan
usaha belajar.
Prinsip-prinsip Perkembangan
Perkembangan individu berlangsung sepanjang hayat, dimulai sejak masa
pertemuan sel ayah dengan ibu (masa konsepsi) dan berakhir pada saat
kematiannya. Perkembangan individu ini bersifat dinamis, perubahannya
kadang-kadang lambat, tetapi bisa juga cepat, hanya berkenaan dengan
salah satu aspek ataupun beberapa aspek perkembangan. Perkembangan tiap
individu juga tidak selalu seragam, seorang berbeda dengan yang lainnya
baik dalam temponya, iramanya maupun kualitasnya.
Dalam perkembangan individu dikenal prinsip-prinsip perkembangan sebagai berikut :
1. Perkembangan berlangsung seumur hidup dan meliputi semua aspek. Perkembangan bukan hanya berkenaan dengan aspek-aspek tertentu tetapi menyangkut semua aspek. Perkembangan aspek tertentu mungkin lebih terlihat dengan jelas, sedangkan aspek yang lainnya lebih tersembunyi. Perkembangan tersebut juga berlangsung terus sampai akhir hayatnya, hanya pada saat tertentu perkembangannya lambat bahkan sangat lambat, sedangkan pada saat lain sangat cepat. Jalannya perkembangan individu itu berirama dan irama perkembangan setiap anak tidak selalu sama.
2. Setiap anak memiliki kecepatan (tempo) dan kualitas perkembangan yang berbeda. Seseorang mungkin mempunyai kemampuan berpikir dan membina hubungan sosial yang sangat tinggi dan tempo perkembangannya dalam segi itu sangat cepat, sedang dalam aspek lainnya seperti keterampilan atau estetika kemampuannya kurang dan perkembangannya lambat. Sebaliknya, ada anak yang ketrampilan dan estetikanya berkembang pesat sedangkan kemampuan berpikir dan hubungan sosialnya agak lambat.
3. Perkembangan secara relatif beraturan, mengikuti pola-pola tertentu. Perkembangan sesuatu segi didahului atau mendahului segi yang lainnya. Anak bisa merangkak sebelum anak bisa berjalan, anak bisa meraban sebelum anak bisa berbicara, dan sebagainya.
4. Perkembangan berlangsung secara berangsur-angsur sedikit demi sedikit. Secara normal perkembangan itu berlangsung sedikit demi sedikit tetapi dalam situasisituasi tertentu dapat juga terjadi loncatan-loncatan. Sebaliknya dapat juga terjadi kemacetan perkembangan aspek tertentu.
1. Perkembangan berlangsung seumur hidup dan meliputi semua aspek. Perkembangan bukan hanya berkenaan dengan aspek-aspek tertentu tetapi menyangkut semua aspek. Perkembangan aspek tertentu mungkin lebih terlihat dengan jelas, sedangkan aspek yang lainnya lebih tersembunyi. Perkembangan tersebut juga berlangsung terus sampai akhir hayatnya, hanya pada saat tertentu perkembangannya lambat bahkan sangat lambat, sedangkan pada saat lain sangat cepat. Jalannya perkembangan individu itu berirama dan irama perkembangan setiap anak tidak selalu sama.
2. Setiap anak memiliki kecepatan (tempo) dan kualitas perkembangan yang berbeda. Seseorang mungkin mempunyai kemampuan berpikir dan membina hubungan sosial yang sangat tinggi dan tempo perkembangannya dalam segi itu sangat cepat, sedang dalam aspek lainnya seperti keterampilan atau estetika kemampuannya kurang dan perkembangannya lambat. Sebaliknya, ada anak yang ketrampilan dan estetikanya berkembang pesat sedangkan kemampuan berpikir dan hubungan sosialnya agak lambat.
3. Perkembangan secara relatif beraturan, mengikuti pola-pola tertentu. Perkembangan sesuatu segi didahului atau mendahului segi yang lainnya. Anak bisa merangkak sebelum anak bisa berjalan, anak bisa meraban sebelum anak bisa berbicara, dan sebagainya.
4. Perkembangan berlangsung secara berangsur-angsur sedikit demi sedikit. Secara normal perkembangan itu berlangsung sedikit demi sedikit tetapi dalam situasisituasi tertentu dapat juga terjadi loncatan-loncatan. Sebaliknya dapat juga terjadi kemacetan perkembangan aspek tertentu.
5. Perkembangan berlangsung dari kemampuan yang bersifat umum menuju ke
yang lebih khusus, mengikuti proses diferensiasi dan integrasi.
Perkembangan dimulai dengan dikuasainya kemampuan-kemampuan yang
bersifat umum, seperti kemampuan memegang dimulai dengan memegang benda
besar dengan kedua tangannya, baru kemudian memegang dengan satu tangan
tetapi dengan kelima jarinya. Perkembangan berikutnya ditunjukkan dengan
anak dapat memegang dengan beberapa jari, dan akhirnnya menggunakan
ujung-ujung jarinya. Dalam perkembangan terjadi proses diferensiasi atau
penguraian ke hal yang lebih kecil dan terjadi pula proses integrasi.
Dalam integrasi ini beberapa kemampuan khusus/kecil itu bergabung
membentuk satu kecakapan atau keterampilan.
6. Secara normal perkembangan individu mengikuti seluruh fase, tetapi karena faktor-faktor khusus, fase tertentu dilewati secara cepat, sehingga nampak ke luar seperti tidak melewati fase tersebut, sedangkan fase lainnya diikuti dengan sangat lambat, sehingga nampak seperti tidak berkembang.
7. Sampai batas-batas tertentu, perkembangan sesuatu aspek dapat dipercepat atau diperlambat. Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan dan juga faktor lingkungan. Kondisi yang wajar dari pembawaan dan lingkungan dapat menyebabkan laju perkembangan yang wajar pula. Kekurangwajaran baik yang berlebih atau berkekurangan dari faktor pembawaan dan lingkungan dapat menyebabkan laju perkembangan yang lebih cepat atau lebih lambat.
8. Perkembangan aspek-aspek tertentu berjalan sejajar atau berkorelasi dengan aspek lainnya. Perkembangan kemampuan sosial berkembang sejajar dengan kemampuan berbahasa, kemampuan motorik sejajar dengan kemampuan pengamatan dan lain sebagainya.
9. Pada saat-saat tertentu dan dalam bidang-bidang tertentu perkembangan pria berbeda dengan wanita. Pada usia 12-13 tahun, anak wanita lebih cepat matang secara sosial dibandingkan dengan laki-laki. Fisik laki-laki umumnya tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan wanita. Laki-laki lebih kuat dalam kemampuan inteleknya sedangkan wanita lebih kuat dalam kemampuan berbahasa dan estetikanya.
6. Secara normal perkembangan individu mengikuti seluruh fase, tetapi karena faktor-faktor khusus, fase tertentu dilewati secara cepat, sehingga nampak ke luar seperti tidak melewati fase tersebut, sedangkan fase lainnya diikuti dengan sangat lambat, sehingga nampak seperti tidak berkembang.
7. Sampai batas-batas tertentu, perkembangan sesuatu aspek dapat dipercepat atau diperlambat. Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan dan juga faktor lingkungan. Kondisi yang wajar dari pembawaan dan lingkungan dapat menyebabkan laju perkembangan yang wajar pula. Kekurangwajaran baik yang berlebih atau berkekurangan dari faktor pembawaan dan lingkungan dapat menyebabkan laju perkembangan yang lebih cepat atau lebih lambat.
8. Perkembangan aspek-aspek tertentu berjalan sejajar atau berkorelasi dengan aspek lainnya. Perkembangan kemampuan sosial berkembang sejajar dengan kemampuan berbahasa, kemampuan motorik sejajar dengan kemampuan pengamatan dan lain sebagainya.
9. Pada saat-saat tertentu dan dalam bidang-bidang tertentu perkembangan pria berbeda dengan wanita. Pada usia 12-13 tahun, anak wanita lebih cepat matang secara sosial dibandingkan dengan laki-laki. Fisik laki-laki umumnya tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan wanita. Laki-laki lebih kuat dalam kemampuan inteleknya sedangkan wanita lebih kuat dalam kemampuan berbahasa dan estetikanya.
Karakteristik Anak
Beberapa ahli dalam bidang pendidikan dan psikologi memandang periode
usia TK merupakan periode yang penting yang perlu mendapat penanganan
sedini mungkin. Maria Montessori (Elizabeth B. Hurlock, 1978 : 13)
berpendapat bahwa usia 3 - 6 tahun sebagai periode sensitive atau masa
peka yaitu suatu periode dimana suatu fungsi tertentu perlu dirangsang,
diarahkan sehingga tidak terhambat perkembangannya. Misalnya masa peka
untuk berbicara pada periode ini tidak terlewati maka anak akan
mengalami kesukaran dalam kemampuan berbahasa untuk periode selanjutnya.
Demikian pula pembinaan karakter anak. Pada periode tersebut karakter
anak harus dapat dibangun melalui kegiatan dan pekerjaan. Jika pada
periode ini anak tidak didorong aktivitasnya, perkembangan
kepribadiannya akan menjadi terhambat. Masa-masa sensitif mencakup
sensitivitas terhadap keteraturan\lingkungan, sensitivitas untuk
mengeksplorasi lingkungan dengan lidah dan tangan, sensitivitas untuk
berjalan, sensitivitas terhadap obyek-obyek kecil dan detail, serta
sensitivitas terhadap aspek-aspek sosial kehidupan.
Erikson (Helms & Turner, 1994 : 64) memandang periode ini sebagai
fase sense of initiative. Pada periode ini anak harus didorong untuk
mengembangkan inisiatifnya, seperti kesenangan untuk mengajukan
pertanyaan dari apa yang dilihat, didengar dan dirasakan. Jika anak
tidak mendapat hambatan dari lingkungannya, maka anak akan mampu
mengembangkan inisiatif, dan daya kreatifnya, dan hal-hal yang produktif
dalam bidang yang disenanginya. Guru yang selalu menolong, memberi
nasehat, mengerjakan sesuatu di mana anak dapat melakukan sendiri maka
anak tidak mendapat kesempatan untuk berbuat kesalahan atau belajar dari
kesalahan itu. Pada fase ini terjamin tidaknya kesempatan untuk
berprakarsa (dengan adanya kepercayaan dan kemandirian yang
memungkinkannya untuk berprakarsa), akan menumbuhkan inisiatif.
Sebaliknya kalau terlalu banyak dilarang dan ditegur, anak akan diliputi
perasaan serba salah dan berdosa (guilty). Kartini Kartono (1986:113)
mengemukakan bahwa ciri khas anak masa kanak-kanak adalah sebagai
berikut : (1) bersifat egosentris naif, (2) mempunyai relasi sosial
dengan benda-benda dan manusia yang sifatnya sederhana dan primitif, (3)
kesatuan jasmani dan rohani yang hampir-hampir tidak terpisahkan
sebagai satu totalitas, dan (4) sikap hidup yang fisiognomis.
Kartini Kartono menjelaskan bahwa seorang anak yang egosentris memandang
dunia luar dari pandangannya sendiri, sesuai dengan pengetahuan dan
pemahamannya sendiri. Sikap egosentris yang naif ini bersifat temporer,
dan senantiasa dialami oleh setiap anak dalam proses perkembangannya.
Relasi sosial yang primitif merupakan akibat dari sifat egosentris yang
naif tersebut. Ciri ini ditandai oleh kehidupan individual dan sosialnya
masih belum terpisahkan. Anak hanya memiliki minat terhadap benda-benda
dan peristiwa yang sesuai dengan daya fantasinya. Dengan kata lain anak
membangun dunianya dengan khayalan dan keinginannya.
Kesatuan jasmani dan rohani yang tidak terpisahkan, maksudnya adalah
anak belum dapat membedakan dunia batiniah dengan lahiriah. Isi lahiriah
dan batiniah merupakan suatu kesatuan yang bulat, sehingga penghayatan
anak diekspresikan secara spontan.
Anak bersikap fisiognomis terhadap dunianya, artinya secara langsung
anak memberikan atribut pada setiap penghayatannya. Anak tidak bisa
membedakan benda hidup dengan benda mati. Setiap benda dianggapnya
berjiwa seperti dirinya, oleh karena itu anak sering bercakap-cakap
dengan bonekanya, dengan kucing, dengan kelinci dan sebagainya.
Rasa ingin tahu dan sikap antusias yang kuat terhadap segala sesuatu
merupakan ciri lain yang menonjol pada anak usia 4-5 tahun. Anak
memiliki sikap berpetualang (adventurousness) yang kuat. Anak akan
banyak memperhatikan, membicarakan atau bertanya tentang berbagai hal
yang sempat dilihat atau didengarnya.
Pertumbuhan fisik anak usia 4-5 masih memerlukan aktivitas yang banyak.
Kebutuhan anak untuk melakukan berbagai aktivitas sangat diperlukan,
baik untuk pengembangan otot-otot kecil maupun otot-otot besar.
Gerakan-gerak fisik ini tidak sekedar penting untuk mengembangkan
keterampilan fisik saja, tetapi juga dapat berpengaruh positif terhadap
penumbuhan rasa harga diri anak dan bahkan perkembangan kognisi.
Keberhasilan anak dalam menguasai keterampilanketerampilan motorik dapat
membuat anak bangga akan dirinya.
Sejalan dengan perkembangan keterampilan fisiknya, anak usia sekitar
lima tahun ini semakin berminat pada teman-temannya. Ia akan mulai
menunjukkan hubungan dan kemampuan bekerja sama yang lebih intens dengan
teman-temannya. Anak memilih teman berdasarkan kesamaan aktivitas dan
kesenangan.
Kualitas lain dari anak usia ini adalah abilitas untuk memahami
pembicaraan dan pandangan orang lain semakin meningkat sehingga
keterampilan komunikasinya juga meningkat. Penguasaan akan keterampilan
berkomunikasi ini membuat anak semakin senang bergaul dan berhubungan
dengan orang lain. Anak usia TK adalah sosok individu yang sedang
menjalani suatu proses perkembangan dengan sangat pesat dan sangat
fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Anak memiliki dunia dan
karakteristik tersendiri yang jauh berbeda dari dunia dan karakteristik
orang dewasa. Anak sangat aktif, dinamis, antusias dan hampir selalu
ingin tahu terhadap apa yang dilihat dan didengarnya serta seolah-olah
tak pernah berhenti untuk belajar.
Aspek-aspek Perkembangan Anak
Perkembangan berkenaan dengan keseluruhan kepribadian individu anak,
karena kepribadian individu membentuk satu kesatuan yang terintegrasi.
Secara umum dapat dibedakan beberapa aspek utama kepribadian individu
anak, yaitu aspek intelektual, fisik-motorik, sosio-emosional, bahasa,
moral dan keagamaan.
Perkembangan dari tiap aspek kepribadian tidak selalu bersama-sama atau
sejajar, perkembangan sesuatu aspek mungkin mendahului atau mungkin juga
mengikuti aspek lainnya. Pada awal kehidupan anak, yaitu pada saat
dalam kandungan dan tahun-tahun pertama, perkembangan aspek fisik dan
motorik sanga menonjol. Selama sembilan bulan dalam kandungan, ukuran
fisik bayi berkembang dari seperduaratus milimeter menjadi 50 sentimeter
panjangnya. Selama dua tahun pertama, bayi yang tidak berdaya pada awal
kelahirannya, telah menjadi anak kecil yang dapat duduk, merangkak,
berdiri, bahkan pandai berjalan dan berlari, bisa memegang dan
mempermainkan berbagai benda atau alat. Aspek intelektual
perkembangannya diawali dengan perkembangan kemampuan mengamati, melihat
hubungan dan memecahkan masalah sederhana. Kemudian berkembang ke arah
pemahaman dan pemecahan masalah yang lebih rumit. Aspek ini berkembang
pesat pada masa anak mulai masuk sekolah dasar (usia 6-7 tahun).
Berkembang konstan selama masa belajar dan mencapai puncaknya pda masa
sekolah menengah atas (usia 16-17 tahun).
Perkembangan aspek sosial diawali pada masa kanak-kanak (usia 3-5
tahun). Anak senang bermain bersama teman sebayanya. Hubungan
persebayaan ini berjalan terus dan agak pesat terjadi pada masa sekolah
(usia 11-12 tahun) dan sangat pesat pada masa remaja (16-18 tahun).
Perkembangan sosial pada masa kanak-kanak berlangsung melalui hubungan
antar teman dalam berbagai bentuk permainan.
Aspek bahasa berkembang dimulai dengan peniruan bunyi dan suara,
berlanjut dengan meraban. Pada awal masa sekolah dasar berkembang
kemampuan berbahasa sosial yaitu bahasa untuk memahami perintah, ajakan
serta hubungan anak dengan teman-temannya atau orang dewasa. Pada akhir
masa sekolah dasar berkembang bahasa pengetahuan. Perkembangan ini
sangat berhubungan erat dengan perkembangan kemampuan intelektual dan
sosial. Bahasa merupakan alat untuk berpikir dan berpikir merupakan
suatu proses melihat dan memahami hubungan antar hal. Bahasa juga
merupakan suatu alat untuk berkomunikasi dengan orang lain, dan
komunikasi berlangsung dalam suatu interaksi sosial. Dengan demikian
perkembangan kemampuan berbahasa juga berhubungan erat dan saling
menunjang dengan perkembangan kemampuan sosial. Perkembangan bahasa yang
berjalan pesat pada awal masa sekolah dasar mencapai kesempurnaan pada
akhir masa remaja.
Perkembangan aspek afektif atau perasaan berjalan konstan, kecuali pada masa remaja awal (13-14 tahun) dan remaja tengah (15-16 tahun). Pada masa remaja awal ditandai oleh rasa optimisme dan keceriaan dalam hidupnya, diselingi rasa bingung menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam dirinya. Pada masa remaja tengah, rasa senang datang silih berganti dengan rasa duka, kegembiraan berganti dengan kesedihan, rasa akrab bertukar dengan kerenggangan dan permusuhan. Gejolak ini berakhir pada masa remaja akhir yaitu pada usia 18-21 tahun. Aspek moral dan keagamaan juga sudah berkembang sejak anak masih kecil. Peranan lingkungan terutama lingkungan keluarga sangat dominan bagi perkembangan aspek ini. Pada mulanya anak melakukan perbuatan bermoral atau keagamaan karena meniru, baru kemudian menjadi perbuatan atas prakarsa sendiri. Perbuatan prakarsa sendiripun pada mulanya dilakukan karena adanya kontrol atau pengawasan dari luar, kemudian berkembang karena kontro dari dalam atau dari dirinya sendiri. Tingkatan tertinggi dalam perkembangan moral adalah melakukansesuatu perbuatan bermoral karena panggilan hati nurani, tanpa perintah, tanpa harapan akan sesuatu imbalan atau pujian. Secara potensial tingkatan moral ini dapat dicapai oleh individu pada akhir masa remaja, tetapi faktor-faktor dalam diri dan lingkungan individu anak sangat berpengaruh terhadap pencapaiannya.
Perkembangan aspek afektif atau perasaan berjalan konstan, kecuali pada masa remaja awal (13-14 tahun) dan remaja tengah (15-16 tahun). Pada masa remaja awal ditandai oleh rasa optimisme dan keceriaan dalam hidupnya, diselingi rasa bingung menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam dirinya. Pada masa remaja tengah, rasa senang datang silih berganti dengan rasa duka, kegembiraan berganti dengan kesedihan, rasa akrab bertukar dengan kerenggangan dan permusuhan. Gejolak ini berakhir pada masa remaja akhir yaitu pada usia 18-21 tahun. Aspek moral dan keagamaan juga sudah berkembang sejak anak masih kecil. Peranan lingkungan terutama lingkungan keluarga sangat dominan bagi perkembangan aspek ini. Pada mulanya anak melakukan perbuatan bermoral atau keagamaan karena meniru, baru kemudian menjadi perbuatan atas prakarsa sendiri. Perbuatan prakarsa sendiripun pada mulanya dilakukan karena adanya kontrol atau pengawasan dari luar, kemudian berkembang karena kontro dari dalam atau dari dirinya sendiri. Tingkatan tertinggi dalam perkembangan moral adalah melakukansesuatu perbuatan bermoral karena panggilan hati nurani, tanpa perintah, tanpa harapan akan sesuatu imbalan atau pujian. Secara potensial tingkatan moral ini dapat dicapai oleh individu pada akhir masa remaja, tetapi faktor-faktor dalam diri dan lingkungan individu anak sangat berpengaruh terhadap pencapaiannya.
Tugas-tugas Perkembangan Masa Bayi dan Kanak-kanak Tugas perkembangan
merupakan suatu tugas yang muncul dalam suatu periode tertentu dalam
kehidupan individu. Tugas tersebut harus dikuasai dan diselesaikan oleh
individu, sebab tugas perkembangan ini akan sangat mempengaruhi
pencapaian perkembangan pada masa perkembangan berikutnya. Jika seorang
individu gagal
menyelesaikan tugas perkembangan pada satu fase tertentu, maka ia akan mengalami kegagalan dalam pencapaian tugas perkembangan masa masa berikutnya. Akibatnya individu akan mengalami kesulitan dalam menghadapi kehidupan pada masa-masa selanjutnya. Pada setiap masa perkembangan individu, ada berbagai tugas perkembangan yang harus dikuasainya, namun dalam makalah ini hanya akan disampaikan tugas perkembangan untuk masa bayi dan masa kanak-kanak.
Pada beberapa bulan pertama dari kelahirannya, aspek yang memegang peranan penting dari bayi adalah sekitar mulutnya. Mulut bukan hanya alat untuk makan dan minum, tetapi juga alat komunikasi dengan dunia luar. Bayi mendapatkan beberapa pengalaman dan rasa senang melalui sentuhan-sentuhan dengan mulutnya. Baru selanjutnya dengan mata, telinga dan tangan yang berperan
sebagai alat penghubung dengan dunia luar. Dengan berpusat pada mulut, dibantu dan dilengkapi dengan alat-alat indera dan anggota badan, bayi mengadakan hubungan dan belajar tentang dunia sekitar. Melalui interaksi dengan menggunakan alat tersebut dengan lingkungannya, bayi memperoleh kesan dan memahami lingkungannya.
menyelesaikan tugas perkembangan pada satu fase tertentu, maka ia akan mengalami kegagalan dalam pencapaian tugas perkembangan masa masa berikutnya. Akibatnya individu akan mengalami kesulitan dalam menghadapi kehidupan pada masa-masa selanjutnya. Pada setiap masa perkembangan individu, ada berbagai tugas perkembangan yang harus dikuasainya, namun dalam makalah ini hanya akan disampaikan tugas perkembangan untuk masa bayi dan masa kanak-kanak.
Pada beberapa bulan pertama dari kelahirannya, aspek yang memegang peranan penting dari bayi adalah sekitar mulutnya. Mulut bukan hanya alat untuk makan dan minum, tetapi juga alat komunikasi dengan dunia luar. Bayi mendapatkan beberapa pengalaman dan rasa senang melalui sentuhan-sentuhan dengan mulutnya. Baru selanjutnya dengan mata, telinga dan tangan yang berperan
sebagai alat penghubung dengan dunia luar. Dengan berpusat pada mulut, dibantu dan dilengkapi dengan alat-alat indera dan anggota badan, bayi mengadakan hubungan dan belajar tentang dunia sekitar. Melalui interaksi dengan menggunakan alat tersebut dengan lingkungannya, bayi memperoleh kesan dan memahami lingkungannya.
Pada tahun kedua, seorang bayi telah mulai belajar berdiri sendiri, di
samping ketergantungannya yang masih sangat besar terhadap orang tuanya.
Bayi berusaha memecahkan beberapa permasalahan yang dihadapinya. Hal
ini sangat berpengaruh besar terhadap berkembangan kepribadiannya. Pada
tahun berikutnya anak mulai dapat mengontrol cara-cara buang air, dan ia
juga mulai mengadakan eksplorasi terhadap lingkungannya.
Pada tahun keempat dan kelima, anak sudah mencapai kesempurnaan dalam
melakukan gerakan seperti berjalan, berlari, meloncat dan sebagainya.
Gerakangerakan ini sangat berperan sekali dalam perkembangan
selanjutnya. Pada akhir masa kanak-kanak, anak bukan sja mencapai
kesempurnaan dalam gerakan-gerak fisik, tetapi juga telah menguasai
sejumlah kemampuan intelektual, sosial bahkan moral.
Beberapa tugas perkembangan yang muncul dan harus dikuasai oleh anak pada masa ini adalah :
1. Belajar berjalan. Pada usia sekitar satu tahun, tulang dan otot-otot bayi telah cukup kuat untuk melakukan gerakan berjalan. Berjalan merupakan puncak dari perkembangan gerak pada masa bayi.
2. Belajar mengambil makanan. Makanan merupakan kebutuhan biologis utama pada manusia. Dengan diawali oleh kemampuan mengambil dan memakan sendiri makanan yang dibutuhkannya, bayi telah memulai usaha memenuhi sendiri kebutuhan hidupnya.
3. Belajar berbicara. Bicara merupakan alat berpikir dan berkomunikasi dengan orang lain. Melalui tugas ini anak mempelajari bunyi-bunyi yang emngandung arti dan berusaha mengkomunikasikannya dengan orang-orang di sekitarnya. Melalui penguasaan akan tugas ini anak akan berkembang pula kecakapan sosial dan intelektualnya.
4. Belajar mengontrol cara-cara buang air. Pengontrolan cara buang air bukan hanya berfungsi menjaga kebersihan, tetapi juga menjadi indikator utama kemampuan berdiri sendiri, pengendalian diri dan sopan santun. Anak yang sudah menguasai cara-cara buang air dengan baik, termasuk tempat dan pemeliharaan kebersihannya, pada tahap selanjutnya akan mampu mengendalikan diri dan bersopan santun.
5. Belajar mengetahui jenis kelamin. Dalam masyarakat akan selalu ditemui individu dengan jenis kelamin pria atau wanita, walaupun ada juga yang berkelainan. Anak harus mengenal jenis-jenis kelamin ini baik ciri-ciri biologisnya maupun sosial kulturalnya serta peranan-peranannya. Pengenalan tentang jenis kelamin sangat penting bagi pembentukan peranan dirinya serta penentuan bentuk perlakuan dan interaksi baik dengan jenis kelamin yang sama maupun berbeda dengan dirinya.
6. Menguasai stabilitas jasmaniah. Pada masa bayi, kondisi fisiknya sangat labil dan peka, mudah sekali berubah dan kena pengaruh dari luar. Pada akhir masa kanak-kanak, ia harus memiliki jasmani yang stabil, kuat, sehat, seimbang agar mampu melakukan tuntutan-tuntutan perkembangan selanjutnya.
1. Belajar berjalan. Pada usia sekitar satu tahun, tulang dan otot-otot bayi telah cukup kuat untuk melakukan gerakan berjalan. Berjalan merupakan puncak dari perkembangan gerak pada masa bayi.
2. Belajar mengambil makanan. Makanan merupakan kebutuhan biologis utama pada manusia. Dengan diawali oleh kemampuan mengambil dan memakan sendiri makanan yang dibutuhkannya, bayi telah memulai usaha memenuhi sendiri kebutuhan hidupnya.
3. Belajar berbicara. Bicara merupakan alat berpikir dan berkomunikasi dengan orang lain. Melalui tugas ini anak mempelajari bunyi-bunyi yang emngandung arti dan berusaha mengkomunikasikannya dengan orang-orang di sekitarnya. Melalui penguasaan akan tugas ini anak akan berkembang pula kecakapan sosial dan intelektualnya.
4. Belajar mengontrol cara-cara buang air. Pengontrolan cara buang air bukan hanya berfungsi menjaga kebersihan, tetapi juga menjadi indikator utama kemampuan berdiri sendiri, pengendalian diri dan sopan santun. Anak yang sudah menguasai cara-cara buang air dengan baik, termasuk tempat dan pemeliharaan kebersihannya, pada tahap selanjutnya akan mampu mengendalikan diri dan bersopan santun.
5. Belajar mengetahui jenis kelamin. Dalam masyarakat akan selalu ditemui individu dengan jenis kelamin pria atau wanita, walaupun ada juga yang berkelainan. Anak harus mengenal jenis-jenis kelamin ini baik ciri-ciri biologisnya maupun sosial kulturalnya serta peranan-peranannya. Pengenalan tentang jenis kelamin sangat penting bagi pembentukan peranan dirinya serta penentuan bentuk perlakuan dan interaksi baik dengan jenis kelamin yang sama maupun berbeda dengan dirinya.
6. Menguasai stabilitas jasmaniah. Pada masa bayi, kondisi fisiknya sangat labil dan peka, mudah sekali berubah dan kena pengaruh dari luar. Pada akhir masa kanak-kanak, ia harus memiliki jasmani yang stabil, kuat, sehat, seimbang agar mampu melakukan tuntutan-tuntutan perkembangan selanjutnya.
7. Memiliki konsep sosial dan fisik walaupun masih sederhana. Anak hidup
dalam lingungan fisik dan sosial tertentu. Agar dapat hidup secara
wajar dan menyesuaikan diri dengan keadaan dan tuntutan dari
lingkungannya, anak dituntut memiliki konsep-konsep sosial dan fisi yang
sesuai dengan kemampuannya. Anak harus sudah mengetahui apa itu
binatang, manusia, rumah, baik, jahat dan lain-lain.
8. Belajar hubungan sosial yang baik dengan orang tua, serta orang-orang dekat lainnya, karena akan selalu berhubungan dengan orng lain, baik dalam keluarganya maupun di lingkungannya, maka ia dituntut untuk dapat membin hubungan baik dengan orang-orang tersebut. Anak dituntut dapat menggunakan bahasa yang tepat dan baik, bersopan santun.
9. Belajar membedakan mana yang baik dan tidak baik serta pengembangan hati nurani. Pergaulan hidup selalu beriisi dan berlandaskan moral. Sesuai dengan kemampuannya anak dituntut telah mengetahui mana perbuatan yang baik dan mana yang tidak baik. Lebih jauh ia dituntut untuk melakukan perbuatan yang baik dan menghindarkan perbuatan yang tidak baik. Diharapkan kebaikankebaikan ini menjadi bagian dari hati nuraninya.
8. Belajar hubungan sosial yang baik dengan orang tua, serta orang-orang dekat lainnya, karena akan selalu berhubungan dengan orng lain, baik dalam keluarganya maupun di lingkungannya, maka ia dituntut untuk dapat membin hubungan baik dengan orang-orang tersebut. Anak dituntut dapat menggunakan bahasa yang tepat dan baik, bersopan santun.
9. Belajar membedakan mana yang baik dan tidak baik serta pengembangan hati nurani. Pergaulan hidup selalu beriisi dan berlandaskan moral. Sesuai dengan kemampuannya anak dituntut telah mengetahui mana perbuatan yang baik dan mana yang tidak baik. Lebih jauh ia dituntut untuk melakukan perbuatan yang baik dan menghindarkan perbuatan yang tidak baik. Diharapkan kebaikankebaikan ini menjadi bagian dari hati nuraninya.
Penutup
Dalam upaya mendidik dan mengembangkan anak untuk mencapai
perkembangannya seoptimal mungkin, maka para pendidik anak usia dini
perlu memahami siapa anak didiknya dan bagaimana perkembangan anak itu
sendiri. Anak berbeda dengan orang dewasa atau orang tua, anak memiliki
karakteristik dan dunianya sendiri, dan anak memiliki potensi untuk
dapat berkembang selama lingkungannya memberikan pengaruh-pengaruh yang
positif bagi upaya pengembangannya.
Referensi
Havighurst, Robert, J. (1961). Human Development and Education. New York : Longmans Green and Co.
Helms, D. B & Turner, J.S. (1983). Exploring Child Behavior. New York : Holt Rinehartand Winston.
Hurlock, Elizabeth. B. (1978). Child Development, Sixth Edition.New York : Mc. Graw Hill, Inc.
Kartono, Kartini. (1986). Psikologi Anak. Bandung : Alumni.
Maxim, George. W. (1985). The Very Young Guiding Children from Infancy through the Early Years, Second Edition.California : Wodsworth Publishing Company.
Hurlock, Elizabeth. B. (1978). Child Development, Sixth Edition.New York : Mc. Graw Hill, Inc.
Kartono, Kartini. (1986). Psikologi Anak. Bandung : Alumni.
Maxim, George. W. (1985). The Very Young Guiding Children from Infancy through the Early Years, Second Edition.California : Wodsworth Publishing Company.
Santrock, J.W, & Yussen, S.R. (1992). Child Development, 5 th Ed. Dubuque, IA,
Wm, C.Brown. Seifert l.K. & Hafftong, J. R. (1991). Child & Adolescent Development, Second Edition. Boston : Houghton Mifflin Co.
Spodek, Bernard. (1993). Handbook of Research on the Education of Young
Children. New York : MacMillan Publishing Company.
Wm, C.Brown. Seifert l.K. & Hafftong, J. R. (1991). Child & Adolescent Development, Second Edition. Boston : Houghton Mifflin Co.
Spodek, Bernard. (1993). Handbook of Research on the Education of Young
Children. New York : MacMillan Publishing Company.
Sukmadinata, Nana S. (1995). Psikologi Pendidikan. Bandung.
Vasta R & Haith, M.M & Miller, S. A. (1992). Child Psychology The Modern Science. Canada : John Wiley & Sons, Inc.
No comments:
Post a Comment